Cara Memasang Livery Bus Simulator Indonesia


Pencinta game simulasi di ponsel Android pasti tidak asing lagi dengan Bus Simulator Indonesia. Game besutan dari Maleo ini menawarkan pengalaman mengendarai bus dan angkutan umum lain yang ada di Indonesia. Simulasinya cukup kompleks, mulai dari kondisi cuaca sampai ke desain bodi luar dari kendaraan.

Nah, desain bodi luar dari kendaraan khususnya bus sering disebut sebagai livery. Seragam atau livery bus simulator ini jenisnya beragam. Bahkan, beberapa orang bisa melakukan modifikasi sesuai dengan keinginan. Desain pada bodi seperti guratan, lampu, atau logo bisa ditambahkan sendiri.

Apakah Modifikasi Livery Bus Simulator Legal?

Istilah mod atau modifikasi identik dengan aktivitas ilegal yang dilakukan seseorang pada aplikasi atau game. Biasanya, aplikasi yang melakukan modifikasi rawan sekali mengalami banned atau suspend karena melanggar aturan yang ditetapkan oleh pengembang.

Berbeda dengan jenis game lain yang menganggap modifikasi adalah hal melanggar, Bus Simulator Indonesia atau BUSSID justru mengizinkannya. Jadi, pengguna bisa mengunggah desain yang mereka miliki lalu mengaplikasikannya pada jenis bus yang ada pada simulator.

Efek dari diperbolehkannya melakukan modifikasi ini adalah banyaknya livery yang terus diciptakan. Bahkan, setiap pengguna simulasi bus bisa memiliki kendaraan yang memiliki desain menarik dan unik.

Tempat Mendapatkan Livery Bus Simulator

Tidak semua orang bisa membuat livery bus simulator sendiri. Banyak dari mereka menggunakan desain yang sudah dibagikan oleh orang lain. Nah, untuk mendapatkan desain livery, Anda bisa menggunakan beberapa situs di bawah ini.

1. Bussimulator.id

Satu hal yang harus Anda pahami saat akan melakukan modifikasi pada aplikasi Bus Simulator Indonesia, yakni aplikasi game itu tidak hanya menyediakan kendaraan berupa bus saja. Ada banyak kendaraan yang ada di sana, mulai dari pick-up, truk dengan bak kayu, dan angkutan kota.

Khususnya Anda yang suka mengotak-atik kendaraan selain bus, website bussimulator.id bisa digunakan. Di sana, ada banyak skin atau livery dari kendaraan angkutan barang dan angkutan kota. Desainnya cukup beragam dan bisa dipakai untuk melakukan modifikasi sesuai dengan selera.

2. Semuaja.com

Situs ini cukup mudah digunakan karena menyediakan ratusan jenis mod untuk livery yang sering dipakai bus di Indonesia. Koleksinya terdiri dari bus, truk, sampai ke sepeda motor. Anda bisa langsung mengunduhnya lalu memasangnya ke aplikasi yang ada di ponsel Android.

Salah satu kelebihan situs ini adalah tidak adanya iklan yang bertebaran saat Anda melakukan pengunduhan. Semua link yang ada tidak ada embel-embel apa pun. Selain itu, file yang sudah didapatkan juga tidak perlu diekstrak sehingga bisa langsung digunakan. Anda bisa mengunduhnya langsung dari browser HP.

3. Aplikasi MOD BUSSID

Kalau Anda tidak mau ribet dalam mencari livery dari beberapa jenis bus yang banyak dipakai di Indonesia, coba gunakan aplikasi MOD BUSSID. Aplikasi ini bisa diunduh melalui Playstore. Ukuran dari aplikasi ini tidak besar (sekitar 4 MB) dan memiliki rating cukup tinggi yakni 4,5.

Aplikasi ini menyediakan aneka livery atau skin dari kendaraan umum, mulai dari jenis bus, truk, mobil standar, dan kendaraan lain. Masing-masing jenis menawarkan puluhan sampai ratusan skin yang bisa digunakan, tanpa harus mengunduh melalui link dan melakukan pengekstrakan.

Cukup pilih sendiri mana jenis bus atau kendaraan yang ingin diambil livery-nya. Selanjutnya, simpan ke dalam ponsel. Aplikasi akan langsung memindahkan desain ke folder yang dimiliki oleh aplikasi Bus Simulator Indonesia. Selanjutnya, desain bisa langsung digunakan.

1. Standar

Bus jenis ini umumnya memiliki bentuk persegi panjang dan tidak ada akses khusus. Bus juga sangat rendah dan sering digunakan untuk melayani penumpang ekonomi. Salah satu ciri khas dari bus ini adalah adanya gundukan di dekat sopir. Biasanya gundukan itu digunakan untuk penumpang kalau bagian dalam sudah penuh.

2. High Deck (HD)

Membedakan bus standar dan HD memang sulit, apalagi kita tidak tahu berapa tinggi dek dari bawah sampai atas. Namun, kalau Anda sudah masuk ke dalam, barulah ketahuan apakah bus itu standar atau HD. Perhatikan kursi dari sopir yang lebih rendah dari para penumpangnya.

Secara ukuran, bus ini memiliki dek dengan ukuran tinggi sekitar 3.400-3.500 mm dari bawah. Aturan ini sudah ditetapkan oleh pemerintah melalui PP no. 55 tahun 2012 tentang Kendaraan.

3. Super High Deck (SHD)

Bus jenis ini umumnya digunakan untuk kendaraan pariwisata karena memiliki dek yang cukup tinggi. Selain itu, bagian dari bagasi juga sangat lebar untuk memudahkan penumpang menyimpan semua barang yang dibawa. Biasanya sepeda motor bisa masuk ke dalamnya.

Karena digunakan untuk bus pariwisata yang cukup eksklusif, bagian dalam atau interior dari kendaraan sangat menarik. Bahkan, ada banyak tambahan teknologi canggih yang ada di dalamnya dan memudahkan pengguna untuk menikmati perjalanan jauhnya.

4. High Deck Double Gas(HDD)

Secara umum, bus ini sama dengan bus SHD yang telah dibahas sebelumnya. Perbedaannya terletak pada panjang bus saja yang terpaut 30 cm. Selain itu, ada pengembangan pada bagian kecepatan sehingga bus bisa melaju lebih cepat saat berada di jalanan.

Secara interior, bus memiliki cukup banyak kelebihan seperti televisi layar datar di beberapa sisi koridor. Selanjutnya, kacanya lapis dua sehingga lebih aman bagi pengguna. Lebih lanjut, bus juga sangat nyaman sehingga sering dipakai untuk perjalanan di malam hari.

5. Double Decker

Maksud dari bus double decker atau DD adalah bus yang memiliki dua buah dek atau bertingkat. Di Indonesia sendiri, bus jenis ini mulai banyak ditemukan meski hanya dipakai untuk kendaraan wisata daerah saja. Selebihnya, bus tidak dipakai untuk perjalanan jarak jauh.

Bus tingkat memiliki jumlah kursi yang cukup banyak. Umumnya, bus ini memiliki jenis terbuka atau tertutup. Untuk keperluan wisata, dek bagian atas biasanya terbuka sehingga memudahkan pengguna untuk melihat ke sekeliling. Sayangnya jenis terbuka ini tidak cocok dipakai saat kondisi cuaca sedang hujan dan dingin.

Cara Mengganti Livery Bus Simulator

Setelah mendapatkan livery dari bus atau jenis kendaraan lainnya, Anda harus memindahkannya ke folder tertentu. Dengan begitu, desain bisa diaplikasikan dengan akurat. Berikut beberapa cara untuk mengganti livery bus simulator yang dilakukan dengan browser HP.

Mengunduh skin atau livery dari website yang sudah disebutkan sebelumnya.

Gunakan file manager bawaan dari ponsel atau aplikasi pihak ketiga untuk mencari file yang sudah diunduh.

Setelah ketemu, Anda bisa langsung melakukan pengekstrakan langsung di folder itu.

Selanjutnya, tandai semua file dalam bentuk gambar yang ada di sana. Tekan potong atau cut agar bisa segera dipindahkan.

Selanjutnya masuk ke penyimpanan internal yang ada di HP, jangan pilih penyimpanan ke eksternal memori.

Cari folder dengan nama BUSSID, lalu paste atau tempel langsung semua file gambarnya ke dalam folder ini.

Setelah proses ini selesai dilakukan, Anda bisa masuk lagi ke aplikasi Bus Simulator Indonesia yang dimiliki.

Masuk ke dalam menu Garasi untuk melihat koleksi bus dan juga kendaraan lainnya.

Selanjutnya klik Pilih Berkas Livery.

Pilih File Manager BUSSID, tap pada bagian Pictures.

Setelah diklik, akan muncul beberapa folder; pilih BUSSID tempat Anda menyimpan file gambar.

Tandai semua file dengan ekstensi PNG, lalu Open.

Selanjutnya, skin atau livery akan terpasang dengan sendirinya secara otomatis, dan Anda bisa mengganti sendiri sesuai keinginan.


Beberapa Contoh Desain Livery Bus Simulator

Jenis desain livery bus simulator ada ratusan, bahkan mungkin ribuan. Umumnya, desain itu sesuai dengan perusahaan otobus (PO) atau desain inovatif oleh para pengguna.

1. Livery Bus Arjuna XHD

Bus Arjuna yang berasal dari perusahaan otomobil di Garut menawarkan bus yang sangat besar dan kokoh. Bus ini cukup besar dan tinggi. Bagian atasnya dibuat lebar untuk menyimpan barang.

Livery bus ini mudah didapatkan dan memiliki cukup banyak desain. Kalau mau desain standar, warnanya hijau. Namun, livery bisa didesain dengan warna lain yang lebih menarik.

2. Livery Bus Srikandi SHD

Bus Srikandi memiliki jenis SHD dengan bagian atas menjulang dan dek lebih tinggi. Warna dari bus ini umumnya hanya dua jenis. Namun, desainnya bisa dimodifikasi menjadi banyak warna sesuai dengan desain livery yang Anda mau.

3. Livery Truck Hino Kontainer

Truk ini bisa dilepas bagian kontainer belakangnya. Desain livery biasanya dilakukan pada kepala saja. Bagian kontainer bisa dibuat satu warna atau diberi logo khusus agar terlihat lebih menarik.

4. Livery Bus Titanium Trisakti

Bus titanum masuk dalam kategori SHD karena sangat panjang dan tinggi. Selain itu, warna yang digunakan juga hanya dua jenis saja, seringnya hitam dan putih. Pada modifikasi trisakti ini, warna yang diterapkan lebih beragam.

5. Livery Bus Avante HDD

Bus Avante HDD memiliki ukuran yang besar dan cocok untuk perjalanan wisata. Bus ini memiliki desain awal putih dan merah. Namun, oleh pengguna BUSSID sering diubah jadi warna lain seperti warna biru dan hijau dengan garis-garis menyamping.

Livery bus simulator adalah skin atau seragam yang dimiliki oleh bus dalam permainan Bus Simulator Indonesia. Berbeda dengan game lain yang tidak mengizinkan modifikasi, pengembang justru mengizinkannya. Tidak mengherankan kalau modifikasi skin dari busnya sangat banyak.

Contoh di atas hanya beberapa dari ratusan livery bus simulator. Anda bisa membuatnya sendiri dengan mengambil desain mentah lalu melakukan pengeditan di Photoshop atau aplikasi sejenis. Selanjutnya, Anda bisa memasukkannya ke file manager agar mudah diakses dari aplikasi simulator.